Visi dan Misi Program Studi Magister Pendidikan Pascasarjana Matematika Universitas Pattimura

  1. Visi
“Menjadi pusat pengembangan pendidikan matematika yang unggul dan berkarakter laut pulau pada level Nasional tahun 2025.”
    Penjelasan Visi:
  1. PMPM tidak hanya menyelenggarakan pendidikan akademik, tetapi berperan untuk melakukan penelitian pengembangan pendidikan matematika, sehingga menjadi pusat pengembangan pendidikan matematika di provinsi Maluku secara khusus dan di Indonesia secara umum.
  2. Unggul berkaitan dengan kemampuan daya saing yang tinggi. Adanya kegiatan pendidikan yang terus ditingkatkan kualitasnya secara berkelanjutan, dan penelitian pengembangan di bidang pendidikan matematika serta diaplikasikan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat, akan berkontribusi pada dihasilkannya lulusan magister pendidikan matematika yang unggul atau memiliki daya saing yang tinggi.
  3. Berkarakter laut pulau memberikan penegasan pada kekhasan provinsi Maluku sebagai provinsi kepulauan. Terdapat beberapa implikasi dari istilah ini, yaitu: a. Manusia kepulauan memiliki ketahanan kuat saat berhadapan dengan tantangan alam dan keterisolasian. Ini berarti selain karakter universal seperti: religious, disiplin, pekerja keras, dan sebagainya, masyarakat kepulauan juga memiliki kepribadian tangguh dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. b. Masyarakat kepulauan kaya dengan budaya lokal yang merupakan kearifan lokal (local wisdom) nya. Dalam konteks ini, kajian keterkaitannya dengan matematika berupa penelitian di bidang etnomatematika menjadi salah satu fokus perhatian PS.
  1. Misi
  1. Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran dengan secara berkelanjutan dan meningkatkan kualitas pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berkarakter laut pulau.
  2. Mengembangkan penelitian di bidang pendidikan matematika untuk mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran matematika.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis kajian dan hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika untuk memberikan kontribusi optimal pada pembangunan daerah di bidang pendidikan dan pembelajaran matematika.
  4. Membangun tradisi ilmiah yang produktif dalam menemukan dan mengembangkan berbagai inovasi di bidang pendidikan matematika.
  1. Tujuan
    Adapun tujuan PMPM FKIP UNPATTI antara lain:
  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, berkarakter dan memiliki daya saing tinggi dalam bidang pendidikan matematika.
  2. Menghasilkan penelitian dalam bidang pendidikan matematika dan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan pendidikan matematika, serta memberikan kontribusi terhadap perkembangan pendidikan matematika.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan matematika pada level sekolah dan turut berkontribusi dalam penyelesaian masalah masyarakat dalam bidang pendidikan dan lingkungan hidup.
  4. Menjadi pusat pelayanan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan matematika.