Program Pascasarjana Universitas Pattimura dibangun pada tahun 2005. Kehadiran Program Pascasarjana diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, serta mendukung pembangunan wilayah Kepulauan sesuai visinya. Program Pascasarjana berkembang secara berkelanjutan baik dari aspek kuantitas maupun kualitas. Sampai dengan tahun 2021, Program Pascasarjana Universitas Pattimura telah memiliki 20 program studi. Satu di antara 20 program studi tersebut, yaitu Program Studi Magister Pendidikan Matematika (PSMPM).
Dalam rangka memberikan informasi terhadap Program Studi Magister Pendidikan Matematika maka dilakukan sosialisasi program studi. Menjelang tahun ajaran 2022/2023, telah dilakukan sosialisasi program studi pada hari Senin, 28 Maret 2022 bertempat di SMA Negeri 4 Maluku Tengah. Nara sumber Prof. Dr. W. Mataheru, M. Pd dan Moderator Dr. C. S. Ayal. Peserta sosialisasi terdiri dari para guru dari beberapa SMP dan SMA dan beberapa mahasiswa lulusan Sarjana (S1) yang berada di Kabupaten Maluku Tengah sebanyak 33 orang.
Kegiatan sosialisasi diawali dengan menampilkan video, penyampaian materi oleh nara sumber, penyampaian pengalaman mengikuti perkuliahan di Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Pattimura oleh alumni, dan sesi tanya jawab.
Visi PSMPM:
“Menjadi pusat pengembangan pendidikan matematika yang unggul dan berkarakter laut pulau pada level Nasional tahun 2025.”
Misi PSMPM:
- Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran dengan secara berkelanjutan dan meningkatkan kualitas pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berkarakter laut pulau.
- Melaksanakan penelitian di bidang pendidikan matematika untuk mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran matematika.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis kajian dan hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika untuk memberikan kontribusi optimal pada pembangunan daerah di bidang pendidikan dan pembelajaran matematika.
- Meningkatkan tradisi ilmiah yang produktif dalam menemukan dan mengembangkan berbagai inovasi di bidang pendidikan matematika.