Visitasi Akreditasi Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Pattimura

Program Studi Magister Pendidikan Matematika (PSMPM), Pascasarjana Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon pada hari ini (19/7) menerima kunjungan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk menindaklanjuti pengajuan reakreditasi program studi. Datang sebagai tim asesor, yaitu Prof Dr. Tatang Herman, M.Ed (Universitas Pendidikan Indonesia) dan Prof Dr. Edi Cahyono, M.Si (Universitas Haluleo) yang melaksanakan asesmen lapangan mengenai kegiatan tri dharma PSMPM.
Kedatangan mereka disambut oleh Ketua Pascasarjana Unpatti Prof Dr. Ir. Alex SW Retraubun, M.Sc, Dekan FKIP Prof Dr. Theresia Laurens,M.Pd dan Koordinator PSMPM Prof Dr. Tanwey Gerson Ratumanan,M.Pd.

Ketua Pascasarjana Unpatti berharap agar PSMPM dapat meraih akreditasi yang lebih baik. Untuk mendorong hal tersebut kelengkapan dokumen penunjang seperti penyusunan borang akademik, laporan penelitian dan pengabdian masyarakat oleh dosen sudah dipersiapkan dengan baik.

Menurut Prof Dr. Wilmintje Mataheru,M.Pd “Kegiatan visitasi akan dilaksanakan hari ini dengan melakukan pengecekan dokumen dan wawancara terhadap mahasiswa dan dosen, serta kunjungan ke beberapa fasilitas prodi”. Berdasarkan pengecekan tersebut para asesor akan mengirim hasil laporan kepada BAN-PT.

Manfaat dari akreditasi program studi adalah untuk evaluasi terkait peningkatan mutu pendidikan. Selain itu, melalui proses akreditasi sebuah program studi dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan alokasi dana, transfer kredit perguruan tinggi, pemberian bantuan dana hibah penelitian dan lain sebagainya.

Leave a Comment